article-image

Sumber Gambar: patrickian4 On Unsplash

Baca Juga

Tahukah Sobat Tania ada buah semangka tanpa biji? Buah semangka adalah buah yang cocok dikonsumsi terutama menjelang musim kemarau, tapi sayangnya terkadang biji dari buah semangka sering mengganggu saat memakan. Sobat Tania siapa yang disini pernah ditakuti kalau makan biji semangka nanti semangkanya tumbuh di dalam perut? Hahaha usut punya usut maksud dari perkataan tadi diberikan ke anak-anak dimaksudkan agar anak tidak malas membuang biji semangka saat memakannya. Namun sekarang kita tidak perlu khawatir terhadap biji semangka karena sekarang ada semangka tanpa biji.

Rekayasa Genetik

Berkat berkembangnya ilmu pengetahuan di bidang pertanian kini kita bisa menikmati buah semangka tanpa biji. Hal ini didapatkan dari merekayasa semangka secara genetik dengan mengawinkan semangka diploid jantan dan semangka tetraploid betina. Hasil dari perkawinan semangka ini akan menghasilkan semangka tanpa biji.

Tidak bisa dibudidaya

Hasil kawin silang antara semangka diploid jantan dan semangka tetraploid betina berupa semangka tanpa biji memang memiliki bunga jantan dan bunga betina saat tumbuh. Namun sayangnya bakal biji dan benang sari dari tanaman ini mandul alias tidak bisa saling membuahi. Hal ini memang umum terjadi pada rekayasa genetik secara hibrida seperti ini. Jadi bagi Sobat Tania yang ingin membudidayakan semangka tanpa biji mau tidak mau harus mempunyai diploid jantan dan semangka tetraploid betina sebagai indukan.

Tumbuh lebih lama

Kekeliruan dari petani semangka tanpa biji yang baru biasanya salah saat memanen buah semangka tanpa biji. Buah semangka tanpa biji memiliki usia pertumbuhan yang lebih lama dibandingkan semangka pada umumnya. Jika semangka biasanya memerlukan 55-60 HST (hari setelah tanam) sementara semangka tanpa biji memerlukan 65-70 HST.

Bisa Tumbuh di mana Saja

Semangka tanpa biji dapat dibudidayakan di mana saja, baik ditanam di dataran tinggi atau renda, baik menggunakan mulsa atau tidak. Namun, perlu diperhatikan dalam pemberian pupuk bagi semangka tanpa biji. Pemberian pupuk yang berlebih akan membuat semangka ini tidak sepenuhnya tanpa biji lagi alias akan terdapat biji walau sedikit.

Ingin tingkatkan panen? Download aplikasi Dokter Tania sekarang